Penelitian: Implementasi Algoritma Dijkstra Yang Dinamis Terhadap Waktu dalam Perencanaan Rute Perjalanan

route transportPenelitian ini membahas perancangan perangkat lunak yang mengimplementasikan Algoritma Dijkstra yang dinamis terhadap waktu dalam menemukan jalur terpendek untuk perencanaan rute. Algoritma jalur terpendek biasanya tidak memperhatikan kondisi lalu lintas yang dinamis setiap waktu, baik disebabkan perubahan kepadatan lalu lintas dan faktor-faktor lainnya. Suatu perencanaan rute yang lebih baik dapat dirancang untuk menghitung waktu yang paling efisien serta konsumsi bahan bakar yang minimum berdasarkan kondisi nyata profil lalu lintas dari jaringan jalan yang ada pada suatu wilayah.

Data profil kepadatan lalu lintas digunakan untuk menyediakan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk melewati jalan berdasarkan waktu yang berbeda, baik jam (pagi atau sore) maupun hari (hari kerja atau akhir pekan).

dijkstra software

Simulasi menunjukkan hasil penerapan Algoritma Dijkstra dengan bobot yang dinamis terhadap waktu dapat memberikan efisiensi biaya yang lebih baik dibandingkan dengan hasil perhitungan jalur dengan Metode Jarak Terpendek Konvensional ataupun yang berdasarkan pada Metode Traffic Avoidance.

Penelitian ini dipublikasikan di IEEE Xplorer Digital Library.

Silakan klik link ini untuk membaca paper terkait penelitian tersebut.

Lukman Rosyidi